Strategi Periklanan dalam Mensosialisasikan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya

Zikrillah Us, 411106261 (2018) Strategi Periklanan dalam Mensosialisasikan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Strategi Periklanan jasa kesehatan)
Zikrillah Us, 411106261, FDK, KPI, 085360603023.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Judul Skripsi ini adalah. Strategi Periklanan dalam Mensosialisasikan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi periklanan yang digunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Aceh Barat Daya dalam mensosialisasi program-program Jaminan Kesehatan?Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Badan Penyelenggara jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Aceh Barat Daya dalam mensosialisasi program-program Jaminan Kesehatan tersebut? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi periklanan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Abdya dalam mensosialisasikan program jaminan kesehatan, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor peghambat yang dihadapi BPJS Kesehatan Abdya dalam mensosialisasikan program-program jaminan kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pihak yang berkaitan serta dilengkapi studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPJS Kesehatan Kabupaten Abdya telah melaksanakan beberapa langkah dalam merumuskan strategi periklanan dansosialisasi, yaitu (1) mengenal khalayak, (2) menyusun pesan, (3) menetapkan metode, (4) seleksi dan penggunaan media. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam sosialisasi program jaminan kesehatan ada beberapa hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambat. Faktor-faktor pendukungnya adalah pemerintah pusat, instansi pemerintah yang terkait, dukungan dari badan usaha, dukungan dari sarana dan prasarana, serta SDM yang ada. Sementara penghambatnya adalah penyusunan jadwal sosialisasi, jarak demografi, komplain dari peserta eks PT Askes, eks Jamsostek, serta Jamkesmas.

Kata Kunci : Periklanan, BPJS, Kesehatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Baharuddin AR, M. Si 2. Asmaunizar, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Periklanan, BPJS, Kesehatan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zikrillah Us Zikri
Date Deposited: 29 Jun 2020 09:07
Last Modified: 29 Jun 2020 09:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12341

Actions (login required)

View Item View Item
TOP