Penerapan Anuitas pada Perhitungan Margin Pembiayaan Murabahah Menurut Hukum Islam (Suatu Penelitian pada Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh)

Muhammad Ridha, 150102025 (2020) Penerapan Anuitas pada Perhitungan Margin Pembiayaan Murabahah Menurut Hukum Islam (Suatu Penelitian pada Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (skripsi ini membahas tentang penerapan anuitas pada perhitungan margin pembiayaan murabahah di Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh)
M. Ridha, 150102025, FSH, HES, 082288168640.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan murabahah pada perhitungan marginnya menggunakan sistem perhitungan anuitas untuk memudahkan akumulasi cicilan nasabah debitur. Perhitungan anuitas ini sendiri merupakan hasil adopsi dari perhitungan bunga kredit pada bank konvensional. Sehingga perhitungan anuitas ini sangat memaksimalkan keuntungan dengan penentuan yang mengedepankan analisis risiko, jangka waktu dan BI rate untuk menentukan rate marginnya. Rumusan masalah ini yaitu bagaimana bentuk anuitas yang digunakan oleh pihak bank, bagaimana pengaruh time value of money terhadap nilai persentase anuitas pada rate margin, serta bagaimana perspektif hukum Islam terhadap penggunaan anuitas dalam pembiayaan murabahah di Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analisis serta metode pengumpulan data diperoleh dengan penelitian langsung dilapangan (field research) menggunakan teknik wawancara dan observasi serta penelitian kepustakaan (library research) dengan mengkaji hadis-hadis, buku-buku, serta literatur-literatur lainnya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa perhitungan margin pembiayaan murabahah di Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh terjadinya ketidakadilan yang dirasakan oleh nasabah debitur, karena sistem perhitungan anuitas mengedepankan analisis risiko dari jangka waktu terhadap penurunan nilai mata uang. Dalam hal ini penggunaan konsep time value of money menyebabkan keuntungan hanya dirasakan oleh pihak bank dan kerugian yang dialami oleh nasabah debitur akibat dari sistem perhitungan anuitas dan juga terjadinya pemisahan antara angsuran pokok dan margin dalam perhitungan margin. Hal ini dapat mengubah subtansi dari pembiayaan murabahah itu sendiri. Bentuk anuitas yang digunakan oleh pihak bank adalah bentuk anuitas jatuh tempo, nasabah wajib melunaskan cicilan di awal periode yang ditentukan, serta pengaruh time value of money yang diterapkan oleh pihak bank yang mempengaruhi rate margin telah menimbulkan praktik riba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S.H RIDHA MUHAMMAD RIDHA
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:16
Last Modified: 30 Jun 2020 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

View Item View Item
TOP