Digital Self Service: Sistem Pengajuan Persuratan Bagi Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh Menggunakan Php Mysql

Dian Afrilian, Noery (2020) Digital Self Service: Sistem Pengajuan Persuratan Bagi Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh Menggunakan Php Mysql. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Digital Self Service: Sistem Pengajuan Persuratan Bagi Mahasiswa Uin Ar-Raniry  Banda Aceh Menggunakan Php Mysql]
Preview
Text (Digital Self Service: Sistem Pengajuan Persuratan Bagi Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh Menggunakan Php Mysql)
Dian Afrilian Noery, 140212070, FTK, PTI, 085372646979.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Era revolusi industri 4.0 sekarang ini membuat berbagai informasi diperoleh secara mudah hanya dengan mengakses internet. Perkembangan era revolusi industri 4.0 di bidang teknologi informasi kini juga merambah hingga dalam ruang lingkup universitas. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Banda Aceh yang sudah memanfaatkan teknologi dalam beberapa aktivitas kerja. Namun, penggunaan teknologi informasi di UIN Ar-Raniry secara realita masih belum sepenuhnya diterapkan pada semua bidang kerja. Masih terdapat beberapa bidang kerja yang belum melibatkan teknologi informasi untuk melakukan aktifitas, misalnya pada kegiatan pengajuan persuratan mahasiswa di bidang akademik yang masih berjalan secara manual. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti ingin membuat sebuah Sistem Aplikasi Pengajuan Surat bagi mahasiswa. Sistem akan dibuat dengan lebih terintegrasi yaitu menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Pada tahap pengembangannya akan didukung dengan model waterfall. Untuk pengujian terhadap sistem maka diberikan kuesioner kepada responden yang berada di salah satu fakultas di UIN Ar-Raniry, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi. Adapun hasilnya menunjukkan bahwa pengguna memberikan respon yang positif terhadap sistem yang dibangun. Hal ini dibuktikan dengan hasil data pengujian sistem yang telah diperoleh, dimana nilai rata-ratanya sebesar 4,09 dengan persentase 81,81%, yang artinya sangat setuju. Dapat disimpulkan bahwa sistem pengajuan persuratan bagi mahasiswa yang dibuat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Dian Afrilia Dian
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:22
Last Modified: 02 Jul 2020 04:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12378

Actions (login required)

View Item
View Item