Penggunaan Media Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Vidio SMKN 1 Simpang Ulim

Andrika Maili, 150211057 (2019) Penggunaan Media Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Vidio SMKN 1 Simpang Ulim. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Penggunaan Media Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Hasil belajar peserta Didik Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Vidio SMKN 1 Simpang Ulim)
Andrika Maili, 1502111057, FTK, PTE, 085361143223.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi awal peserta didik dalam bidang teknik audio vidio pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Simpang Ulim masih terdapat kekurang pada penggunaan media pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar peserta didik yang belum mencapai kriteria (KKM ). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Mind Map dikelas X Teknik audio vidio SMKN 1 Simpang Ulim. Penerapan media pembelajaran Mind Map adalah sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dan hasilnya dituangkan langsung diatas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Quasi-Eksperimen yang merupakan eksperimen semu untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari suatu perlakuan yang dikenakan pada subjek didik. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik di SMKN 1 Simpang Ulim dengan jumlah 396 peserta didik, sedangkan sampel yang digunakan seluruh peserta didik di kelas X teknik audio vidio di SMKN 1 Simpang Ulim sebanyak 17 orang. Pengumpulan data mengguankan pretes, perlakuan dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil balajar peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran mind map dengan nilai rata-rata yaitu 29.11 dan setalah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran nilai rata-rata nya meningkat sebesar 66.47. Analisis hasil belajar diperoleh thitung >ttabel (7.33>2.110) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulakan bahwa penggunaan media pembelajaran Mind Map pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Simpang Ulim berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Mind Map, Hasil Belajar,Quasi Eksperimen.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Andrika Maili Rika
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:57
Last Modified: 02 Jul 2020 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item
TOP