Kiprah Alumni Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Dalam Pembangunan Sosial

Fatimah, 140404032 (2019) Kiprah Alumni Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Dalam Pembangunan Sosial. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kiprah Alumni Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Raniry Dalam Pembangunan Sosial)
Fatimah, 140404032, FDK, PMI, 085260868471.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini fokus tentang “Kiprah Alumni Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Dalam Pembangunan Sosial”. Pekerja di bawah Kementrian Sosial dengan masa kerja 6 bulan sampai dengan 7 tahun yang ditempatkan di Kabupaten Aceh Selatan dan Nagan Raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja kiprah dan strategi apa saja yang diterapkan oleh alumni Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam pembangunan sosial di Kabupaten Aceh Selatan dan Nagan Raya dalam mengembangkan kiprahnya dibidang pembangunan sosial di Kabupaten Aceh Selatan dan Nagan Raya. Untuk menjawab permasalahan diatas maka penulis mengunakan metode kualitatif. Cara pengambilan data dengan mengunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dari penelitian ini maka penulis simpulkan bahwa terdapat 2 alumni yang berkiprah sebagai supervisor yaitu satu di Nagan Raya dan 1 di Aceh selatan, dan terdapat 2 alumni juga yang berkiprah di bidang Rehabilitas sosial juga 1 di Aceh selatan dan 1 di Nagan Raya, Sedangkan selebihnya menjadi pendamping program keluarga harapan (PKH). sebaran alumni yang menjadi pendamping yaitu diantaranya terdapat 9 di Aceh Selatan dan 3 di Nagan Raya. Jika dilihat dari kiprah alumni, sudah banyak kiprah yang dilakukan oleh alumni dengan cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan pembangunan sosial, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan jenis kiprah yang dilakukan. Kemudian alumni Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi telah terserap dalam dunia kerja di bidang pembangunan sosial. berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peniliti seperti halnya tertera diatas bahwa dalam kurun waktu yang dekat setelah menyelesaikan kuliah alumni Pengembagan Masyarakat Islam langsung di rekrut menjadi pendamping dalam membangun masyarakat, terutama masyarakat yang tidak beruntung. Alumni menjadi pengayom bagi masyarakat untuk mendampingi masyarakat agar masyarakat mandiri terutama untuk membangun dirinya sendiri dan keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fatimah Fatimah
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:15
Last Modified: 02 Jul 2020 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item
TOP