Penggunaan Strategi Menyimak Direct Listening Thinking Activity (DLTA) Dengan Media Audio Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Yulia Erna, 150209070 (2019) Penggunaan Strategi Menyimak Direct Listening Thinking Activity (DLTA) Dengan Media Audio Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Strategi Menyimak Direct Listening  Thinking Activity (DLTA) Dengan Media Audio]
Preview
Text (Penggunaan Strategi Menyimak Direct Listening Thinking Activity (DLTA) Dengan Media Audio)
Yulia Erna, 150209070, FTK, PGMI, 082230766952.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan suatu aktivitas atau kegiatan yang paling
awal dilakukan oleh anak ketika melihat atau memperoleh keterampilan
menyimak atau berbahasa, yang dimulai dengan proses mendengarkan,
memahami, menilai dan merespons. Menyimak merupakan kunci penting dalam
proses belajar, kurangnya keterampilan menyimak merupakan permasalah dalam
penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar adanya peningkatan
keterampilan menyimak siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah MIN 26 Aceh Besar
melalui Strategi Menyimak Direct Listening Thinking Activity (DLTA) dengan
media Audio. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan secara bersiklus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 6 siswa laki￾laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
mnggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat peningkatan
keterampilan menyimak siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas
siswa dalam proses belajar serta aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran
melalui Strategi Menyimak Direct Listening Thinking Activity (DLTA) dengan
media Audio. Dan hasil keterampilan siswa dengan menggunakan Strategi
Menyimak Direct Listening Thinking Activity (DLTA) dengan media Audio di
kelas IV MIN 26 Aceh Besar mengalami peningkatan yaitu pada siklus I belum
mencapai ketuntasan hanya mencapai 56%. Sedangkan pada siklus II hanya
mencapai 75% dan meningkat pada siklus III mencapai ketuntasan hingga
93,75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Menyimak Direct
Listening Thinking Activity (DLTA) dengan media Audio dapat diterapkan dalam pembelaran bahasa indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Salma Hayati, S.Ag., M.Ed 2. Silvia Sandi Wisuda Lubis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak, Strategi Menyimak Direct Listening Thinking Activity (DLTA), Media Audio
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yulia Erna
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:25
Last Modified: 02 Jul 2020 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12438

Actions (login required)

View Item
View Item