Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 7 Pidie Jaya

Maisarah, 150209068 (2019) Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 7 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas siswa]
Preview
Text (Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas siswa)
Maisarah, 150209068, FTK, PGMI, 085360617410.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat berpengaruh terhadap kreativitas siswa
dalam belajar. Guru harus cerdas memilih model pembelajaran yang tepat sesuai
dengan kondisi siswa dan tujuan yang akan dicapai.Berdasarkanhasil observasi
awal di kelas IVA MIN 7 Pidie Jaya, peneliti memperoleh data dari 25 siswa
hanya 48% siswa yang kreatif. Salah satu upaya untuk mengatasi rendahnya
kreativitas siswa tersebut adalah dengan menerapkan model mind mapping,
karena model model mind mapping dapat merangsang kreativitas siswa.Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan
peningkatan kreativitas siswa dengan penerapan model mind mapping.Penelitian
ini merupakanpenelitian tindakan kelasyang dilaksanakan dalam tiga siklus.
Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan
pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan rubrik kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 75%(baik), siklus II 79,16%(baik),
meningkat pada siklus III menjadi 90,62% (sangat baik). (2) Aktivitas siswa pada
siklus I 72,91% (baik), siklus II 77,08% (baik), meningkat pada siklus III menjadi
86,45% (sangat baik).(3) Kreativitas siswa pada siklus I mencapai 60% (cukup),
siklus II 72% (kreatif), dan siklus III mencapai 88% (kreatif). Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model mind mapping
dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik kelas IV MIN 7 Pidie Jaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Danuah, S. si., M. Pd 2. Arusman, S. pd. I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Mind Mapping dan Kreativitas Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maisarah
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:01
Last Modified: 02 Jul 2020 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12444

Actions (login required)

View Item
View Item