Pelestarian Koleksi Akibat Faktor Biotik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh

Rahmaliani, 150503073 (2020) Pelestarian Koleksi Akibat Faktor Biotik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pelestarian Koleksi Akibat Faktor Biotik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh)
Rahmaliani, 150503073, FAH, IP, 082364642358 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelestarian Koleksi Akibat Faktor Biotik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan kendala yang dihadapi pustakawan dalam melakukan pelestarian koleksi akibat faktor biotik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan kendala yang dihadapi pustakawan dalam melakukan pelestarian koleksi akibat faktor biotik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah pustakawan atau staf pada bidang pelestarian koleksi, sedangkan objeknya adalah koleksi yang rusak karena faktor biotik (biota dan manusia). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan preventif akibat faktor manusia adalah dengan memasang CCTV di sudut-sudut ruangan untuk mengawasi perilaku pemustaka dan melakukan sosialisasi kepada pengelola perpustakaan mengenai pelestarian pada saat bimtek (bimbingan teknis). Tindakan kuratif (penanganan) yang dilakukan adalah penjilidan dan mending pada koleksi yang rusak ringan, sedangkan rusak berat dibawa ke toko percetakan. Untuk tindakan preventif akibat faktor biota (hewan dan jamur) yaitu buku disusun di rak dengan tidak rapat biar ada sirkulasi udara, menabur kamper di sekeliling tempat penyimpanan bahan pustaka, membersihkan ruangan dan bahan pustaka setiap paginya, tidak membawa makanan, dan melakukan sosialisasi kepada pengelola perpustakaan pada saat bimtek (bimbingan teknis) tentang pelestarian. Tindakan kuratif (penanganan) yang dilakukan adalah melakukan fumigasi dua kali setiap tahunnya; menggunakan perangkap atau lem tikus; melakukan mending pada koleksi yang berlubang akibat gigitan binatang; reproduksi; dan jika buku rusak yang sangat parah, maka koleksi tersebut akan dibakar. Kendala yang dihadapi pustakawan yaitu kurangnya anggaran untuk pelestarian, hilangnya halaman waktu reproduksi sehingga harus dicari kembali, dan copyright.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.8 Pemeliharaan dan Preservasi Koleksi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rahmaliani Rahmaliani
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:06
Last Modified: 02 Jul 2020 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item
TOP