Upaya Guru BK dalam Mengatasi Perilaku Maladaptif Siswa SMA N 8 Banda Aceh

Ismaturrahmi, 150213115 (2020) Upaya Guru BK dalam Mengatasi Perilaku Maladaptif Siswa SMA N 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Upaya Guru BK dalam Mengatasi Perilaku Maladaptif Siswa SMA N 8 Banda Aceh)
Ismaturrahmi, 150213115, FTK, BK, 085262922817.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perilaku maladaptif adalah suatu perilaku yang menyimpang dari normalitas sosial yang sesuai serta berpengaruh buruk pada kesejahteraan individu dan kelompok sosial. Penyimpangan perilaku ada yang sederhana seperti mengantuk, terlambat datang ke sekolah dan suka menyendiri. Sedangkan yang ekstrim sering membolos, memeras teman-temannya, tidak sopan kepada orang lain juga kepada gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku maladaptif siswa di SMA N 8 Banda Aceh dan upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku maladaptif siswa SMA N 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti mengungkapkan serta memaparkan data sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, terdiri dari 2 orang guru Bimbingan dan Konseling dan 6 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan kriteria atau penilaian yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perilaku maladaptif masih sering terjadi di SMA N 8 Banda Aceh, perilaku maladaptif tersebut yaitu sering terlambat ke sekolah, alpa, tidak berpakaian rapi dan melawan guru. 2) upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku maladaptif siswa SMA N 8 Banda Aceh yaitu dengan pemberian peringatan, konseling individual dan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Munirwan Umar, M.Pd Pembimbing II : Asriyana S.Pd, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ismaturrahmi Isma
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:31
Last Modified: 02 Jul 2020 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12450

Actions (login required)

View Item View Item
TOP