Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik di SMK Negeri 2 Sigli

Satria Yudhistira, 150211078 (2019) Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik di SMK Negeri 2 Sigli. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi  Metode  Pembelajaran  Tutor  Sebaya                 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata      Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik di SMK Negeri 2 Sigli]
Preview
Text (Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik di SMK Negeri 2 Sigli)
Satria Yudhistira, 150211078, FTK, PTE, 082167576326.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan langsung di SMK Negeri 2 Sigli. yang menunjukkan masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik, hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) sehingga kurangnya minat peserta didik dalam belajar, terlebih lagi jika guru menerapkan metode konvensional (ceramah) peserta didik cenderung pasif dan kurang aktif dalam belajar. Sehingga mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran dan akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran tutor sebaya terhadap respon, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik di SMK Negeri 2 Sigli. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental (One Group Pre test-Post test Design), sebagai sampel dipilih kelas X TITL yang terdiri dari 20 orang peserta didik. Data yang dikumpulkan melalui pre test, post test, dan angket. kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 2 Sigli antara sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata peserta didik yang dicapai pada saat pre test < post test (50,42 < 79,15). Setelah diolah menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung > ttabel (8,82 > 1,73). Sesuai dengan hipotesa awal penelitian ini bahwa, jika thitung > ttabel (8,82 > 1,73), maka Ha diterima. Sedangkan respon peserta didik terhadap metode pembelajaran tutor sebaya, dari 10 pertanyaan yang diajukan sebagian besar peserta didik berpendapat positif dimana hasil analisa menunjukkan 74,5% tergolong dalam kategori tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 2 Sigli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag., M.Pd. Pembimbing II : Fathurrahman, S.T., M.Eng.Sc.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Satria Yudhistira Satria
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:31
Last Modified: 02 Jul 2020 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12451

Actions (login required)

View Item
View Item