Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Konsep Gerak Lurus Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X MAS Darul Ulum

Dewi Yulia, 150204113 (2020) Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Konsep Gerak Lurus Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X MAS Darul Ulum. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Konsep Gerak Lurus Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X MAS Darul Ulum)
Dewi Yulia, 150204113, FTK, PFS, 082272507051.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi pada konsep Gerak Lurus terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X MAS Darul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitiannya pretest and posttest eksperimental control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAS Darul Ulum, sampel penelitiannya adalah kelas X MIA-1 yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan 20 butir soal tes berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan Uji-t yang dihitung secara manual. Hasil analisis menunjukkan yaitu 3,60>2,000 artinya Ha diterima. Pembelajaran dengan menggunakan media animasi memiliki skor posttest lebih tinggi dibandingkan dengan skor posttest yang dilakukan tanpa penggunaan media animasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan penggunaan media animasi pada konsep gerak lurus terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu media animasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Samsul Bahri, M.Pd Pembimbing II : Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Hasil Belajar, Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dewi Yulia
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:19
Last Modified: 03 Jul 2020 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12453

Actions (login required)

View Item View Item
TOP