Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Menjadi Pupuk Organik Cair Sebagai Penunjang Mata Kuliah Ekologi Dan Problematika Lingkungan

Cut Putri Nahrisah, 150207119 (2020) Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Menjadi Pupuk Organik Cair Sebagai Penunjang Mata Kuliah Ekologi Dan Problematika Lingkungan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Menjadi Pupuk Organik Cair Sebagai Penunjang Mata Kuliah  Ekologi Dan Problematika Lingkungan]
Preview
Text (Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Menjadi Pupuk Organik Cair Sebagai Penunjang Mata Kuliah Ekologi Dan Problematika Lingkungan)
Cut Putri Nahrisah, 150207119, FTK, PBL, 082361859337.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Limbah merupakan bahan sisa yang sudah tidak digunakan lagi. Limbah dapat menjadi salah satu faktor utama dalam pencemaran lingkungan. Singkong merupakan bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatan berbagai macam olahan singkong, sedangkan kulit buahnya hanya dibuang dan menjadi limbah. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatan limbah kulit singkong menjadi pupuk organik cair (POC) dan mengetahui unsur hara yang terkandung di dalamnya serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman sawi. Penelitian dilakukan di Balai Riset dan Standarisasi Industri (BARISTAND) dan Desa Ie Masen Kayee Adang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan 1 kontrol dengan 6 kali ulangan. Data dianalisis secara statistik menggunakan anava satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan zat organik yang terkandung dalam pupuk organik cair kulit singkong, yaitu nitrogen, phospor, dan kalium. Penggunaan pupuk organik cair kulit singkong berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman sawi dengan hasil paling baik pada perlakuan P3 (30%) yang berpengaruh terhadap tinggi batang, jumlah daun, dan tidak berpengaruh terhadap berat basah tanaman sawi. Hasil dari penelitian dapat dijadikan sebagai modul pembelajaran mata kuliah ekologi dan problematika lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Limbah kulit singkong, Pupuk organik cair, Ekologi dan problematika lingkungan.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Putri Nahrisah
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:10
Last Modified: 03 Jul 2020 08:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item
View Item