Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Salmiati, 150207090 (2019) Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Peredaran Darah  Manusia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di MAS Darul Ihsan Aceh Besar)
Salmiati, 150207090, FTK, PBL, 085760271026.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi di kelas XI MAS Darul Ihsan masih didominasi oleh guru dan media pembelajaran hanya menggunakan buku paket saja. Kondisi tersebut mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi sistem peredaran darah manusia, sehingga hasil belajar siswa tergolong rendah.Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media audio visual.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MAS Darul Ihsan terhadap penerapan pendekatan saintifik dengan media audio visual pada materi sistem peredaran darah manusia.Metode yang digunakan adalah pre experiment dibuat dalam bentuk one group pre-test and post-test design.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAS Darul Ihsan Aceh Besar, sampel pada penelitian ini adalah kelas XI-f berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar. Analisis data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase dan analisis data hasil belajar menggunakan rumus N-gain dan statistik uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu pada pertemuan pertama 74% dengan kategori aktif dan pertemuan kedua 86% dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan (N-gain) yaitu 0,68 kategori sedang dan nilai rata-rata pre-test yaitu 25,92 dan nilai rata-rata post-test yaitu 75,03. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 22.22 dan ttabel = 2,056, sehingga thitung ≥ ttabel . Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik dengan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MAS Darul Ihsan Aceh Besar pada materi sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Media Audio Visual, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah Manusia.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
Depositing User: Salmiati Salmiati
Date Deposited: 03 Jul 2020 01:48
Last Modified: 03 Jul 2020 01:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item
View Item