Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Kelas Unggulan di SMAN 1 Bandar Dua

Shanti Auliana, 150206047 (2019) Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Kelas Unggulan di SMAN 1 Bandar Dua. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Kelas Unggulan di SMAN 1 Bandar Dua)
Shanti Auliana, 150206047, FTK MPI, 082285555844.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebijakan kepala sekolah adalah suatu ketentuan atau keputusan kepala yang menjadi dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan dalam usaha mencapai sasaran di sekolah. Kelas unggulan merupakan sebuah kebijakan yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan kualitas siswa. Kelas unggulan di SMAN 1 Bandar Dua berisikan siswa-siswa yang memperolehnilai terbanyak dalam tes yang diadakan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui karakteristik kelas unggulan di SMAN 1 Bandar Dua. 2) Untuk mengetahui cara kepala sekolah dalam pengambilan keputusan dalam pembentukan kelas unggulan di SMAN 1 Bandar Dua. 3) Untuk mengetahui kendala kepala sekolah dalam pembuatan kebijakan pembentukan kelas unggulan di SMAN 1 Bandar Dua. Bentuk Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kelas unggulan di SMAN 1 Bandar Dua mempunyai karakteristik yang bagus seperti unggul potensi siswa, unggul potensi guru, unggul program pembelajaran dan unggul kemitraan tetapi masih ada beberapa hal yang harus terus di tingkatkan lagi seperti keunggulan sarana dan prasarananya serta dukungan dana. Selanjutnya cara kepala sekolah pengambilan keputusan dalam penetapan kebijakan pembentukan kelas unggulan adalah dengan tahap perumusan masalah, pengelompokkan dan menganalisa, pembuatan alternatif-alternatif kebijakan, pemilihan salahsatu alternatif terbaik, pelaksanaan keputusan serta pemantauan dan evaluasi dan dalam tahaap tersebut kepala sekolah melibatkan semua pihak yang dianggap penting. Selanjutnya kendala kepala sekolah dalam pembuatan kebijakan pembentukan kelas unggulan ialah masih adanya sarana prasarana yang belum mencukupi dan sumber dana yang kurang serta membutuhkan waktu yang lama untuk dapat melihat hasil dari kebijakan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M.Daud, M.Pd Pembimbing II : Dr. Sri Rahmi, M. A
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Kepala Sekolah, Kelas unggulan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shanti Auliana Shanti
Date Deposited: 03 Jul 2020 01:43
Last Modified: 03 Jul 2020 01:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item
TOP