Eksitensi Dinas Kelautan dan Perikanan Dalam Membina Panglima Laut di Aceh Selatan

Ade Daman Huri, 431307314 (2019) Eksitensi Dinas Kelautan dan Perikanan Dalam Membina Panglima Laut di Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Eksitensi Dinas Kelautan dan Perikanan Dalam Membina Panglima Laut di Aceh Selatan)
Ade Daman Huri, 431307314, FDK, MD, 082360148312.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan Dinas Kelautan dan Perikanan dalam membina Panglima laot di Kabupaten Aceh Selatan, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan dalam membina Panglima laot di Kabupaten Aceh Selatan. dan untuk mengetahui peluang dan tantangan Dinas Kelautan dan Perikanan dalam membina Panglima laot di Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterlibatan Dinas Kelautan dan Perikanan dalam membina Panglima laot di Kabupaten Aceh Selatan sangat erat dimana Dinas Kelautan dan Perikanan terus melakukan pembinaan secara rutin dalam kurun waktu 3 bulan sekali selain itu juga ikut dalam proses penyelesaian masalah yang dihadapi Panglima Laot dilapanagan. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan dalam membina Panglima laot di Kabupaten Aceh Selatan beragam, mulai dari pembinaan yang di lakukan dengan mendengarkan keluh kesah dan juga ikut menyelesaikan permaslahan yang di hadapi panglima laot, juga ikut memberikan bantuan peralatan penangkapan ikan, serta membangun pelabuhan dan akan terus membangun kominkasi secara intens dengan panglima laot. Adanya kemauan yang kuat dari penglima laot untuk menyelesaikan masalah dan juga mau mengutarakan keluahan yang dihadapi, adanya aturan yang menguatkan seperti Qanun sehingga dapat melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi panglima laot. Serta peluang dari Kepala pemerintah daerah yang mendukung penuh upaya yang dilakukan untuk pembinaan panglima laot di wilayah Aceh Selatan. Serta hubungan kerjasama yang baik yang dilakukan selama ini sehingga menguatkan untuk melahirkan sinergi antar pemerintah dan panglima laot. Sedangkan tantangnnya adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan merasakan sarana dan prasanan untuk mendukung pembinaan yang dilakukan msaih sangat terbatas, hal ini akan menghambat program kerja untuk terus membina panglima laot di wilayah Aceh Selatan. Dan juga komunikasi yang di bangun antar panglima laot dan dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksitensi, Pembinaan, Panglima Laot
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Ade Daman Huri
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:01
Last Modified: 03 Jul 2020 08:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12474

Actions (login required)

View Item View Item
TOP