Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Nitrogen dari Tanah Gambut Kecamatan Trumon, Aceh Selatan

Maria Lisa, 150703009 (2020) Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Nitrogen dari Tanah Gambut Kecamatan Trumon, Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Nitrogen dari Tanah Gambut Kecamatan Trumon, Aceh Selatan]
Preview
Text (Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Nitrogen dari Tanah Gambut Kecamatan Trumon, Aceh Selatan)
Maria Lisa, 150703009, FST, BIO, 081269095716.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian isolasi dan karakterisasi Bakteri Pengikat Nitrogen Dari Tanah Gambut Kecamatan Trumon Aceh Selatan, pada bulan November hingga Desember 2019 di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Penelitian bertujuan mendapatkan isolat bakteri pengikat nitrogen dari tanah gambut. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada area lahan gambut terbuka yang telah menjadi lahan perkebunan kelapa sawit dan pada lahan gambut yang masih alami, dengan tingkat kedalaman tanah 0-15 cm, 15-30 cm dan 30-50 cm. Pengukuran fisik tanah diperoleh kadar pH tanah 5,1-5,3, suhu 28oC-29oC, dan kelembaban tanah4-5. Berdasarkan hasil isolasi dari sampel tanah gambut dengan menggunakan media selektif Jensen, diperoleh 25 isolat bakteri pengikat nitrogen. Warna koloni putih transparan dan merah muda, bentuk koloni bundar dan tidak beraturan, tepian koloni rata, berombak, dan tidak beraturan. Elevasi koloni cembung dan datar. Morfologi sel bentuk coccus dan basil,terdapat 9 isolat gram negatif dan 16 isolat Gram positif. Hasil pengujian biokimia pada 14 isolat terpilih menunjukkan 11 isolat mampu memfermentasi karbohidrat, 3 isolat tidak mampu memfermentasi karbohidrat dalam pengujian Triple Sugar Iron Agar. Pengujian sitrat menunjukkan 9 isolat mampu menggunakan sitrat sebagai sumber karbon, dan 5 isolat tidak menunjukkan kemampuan memfermentasi sitrat. Uji katalase menghasilkan 12 isolat positif katalase dan 2 isolat negatif katalase. Delapan isolat bersifat motil dan 6 isolat non motil pada pengujian Sulfide Indol Motility. Empat belas isolat mampu mengubah urea menjadi amoniak dalam pengujian urease. Perlu dilakukan pengujian lebih lanjut untuk melihat genus dan potensi masing-masing isolate dalam fiksasi Nitrogen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bakteri Pengikat Nitrogen, Tanah gambut
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Maria Lisa Maria
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:03
Last Modified: 03 Jul 2020 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item
View Item