Peran Dayah Terpadu Inshafuddin Dalam Pembentukan Akhlak Santri

Riska Amalia, 150301019 (2019) Peran Dayah Terpadu Inshafuddin Dalam Pembentukan Akhlak Santri. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Dayah Terpadu Inshafuddin Dalam Pembentukan Akhlak Santri]
Preview
Text (Peran Dayah Terpadu Inshafuddin Dalam Pembentukan Akhlak Santri)
Riska Amalia, 150301019, FUH, AIF, 085219979840.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembentukan akhlak dikalangan santri Dayah Terpadu Inshafuddin sangat penting, melihat sebagian perilaku keseharian santri masih memperlihatkan pelanggaran terhadap nilai-nilai akhlak yang baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dayah Terpadu Inshafuddin dalam pembentukan akhlak santri dan kendala Dayah Terpadu Inshafuddin dalam pembentukan akhlak santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian bersifat deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari pengurus, pengajar dan santri Dayah Terpadu Inshafuddin. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran Dayah Terpadu Inshafuddin dalam pembentukan ahklak santri dengan melakukan berbagai metode yang dipraktekan melalui tenaga pengajar seperti metode teladan bagi para santri. Dayah Terpadu Inshafuddin juga berperan mengajak santri untuk kebaikan. Selain itu juga memberi arahan, bimbingan serta nasehat. Metode yang digunakan dalam membentuk serta membina akhlak santri adalah metode contoh, teladan, pemberian nasehat, pembiasaan, dan hukuman. Kendala Dayah Terpadu Inshafuddin dalam pembentukan akhlak kepada santri bersumber dari santri, guru dan keterbatasan sarana prasarana pendukung pembelajaran. Kendala lain juga berupa keterbatasan sarana pendukung seperti buku referensi, media pembelajaran dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. H. Syamsul Rijal Sys , M.Ag Pembimbing II : Suci Fajarni, MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Riska Amalia
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:25
Last Modified: 03 Jul 2020 08:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item
View Item