Persfektif Masyarakat Terhadap Sihir (Studi Kasus Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie)

Aidil Multadam, 150301031 (2020) Persfektif Masyarakat Terhadap Sihir (Studi Kasus Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Persfektif Masyarakat Terhadap Sihir (Studi Kasus Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie))
Aidil Multazam, 150301031, FUH, AFI, 082361409864.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada zaman modern ini fenomena sihir sangatlah meresahkan di kalangan masyarakat karena masalah sihir yang tidak bisa dilihat melainkan bisa dirasakan bagi mereka yang terkena sihir, terutama di Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perspektif masyarakat Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie terhadap sihir serta untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan masyarakat Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie terhadap sihir. Penelitian ini bersifat kualitatif yang berbasis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti mewawancarai langsung dengan masyarakat Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie yang pernah terkena sihir serta beberapa tokoh masyarakat yang mengerti tentang sihir di Gampong Dayah Baro Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terjadinya sihir pada masyarakat disebabkan karena salah dalam hal pergaulannya dan sebagian masyarakat iri terhadap satu sama lainnya yang lebih beruntung daripadanya, misalnya dalam bentuk harta, kedudukan, maupun dalam bentuk lainnya dan memilih jalan lain yang tidak diridhai oleh Allah SWT, salah satunya dengan meminta bantuan setan atau jin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Suraiya IT, MA. Ph.D Pembimbing II : Dr. Faisal Muhammad Nur, Lc.,MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2X3.7 Kepercayaan mengenai hal-hal tertentu
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2X3.7 Kepercayaan mengenai hal-hal tertentu > 2X3.71 Jin, Iblis, Syetan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Aidil Multadam
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:33
Last Modified: 03 Jul 2020 08:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12483

Actions (login required)

View Item View Item
TOP