Identifikasi Pemahaman Siswa Pada Materi Struktur Atom di Kelas X Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Di SMA Negeri I Darul Imarah.

Engi Dini Mampate, 150208072 (2020) Identifikasi Pemahaman Siswa Pada Materi Struktur Atom di Kelas X Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Di SMA Negeri I Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Identifikasi Pemahaman Siswa Pada Materi Struktur Atom di Kelas X Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Di SMA Negeri I Darul Imarah.)
Engi Dini Mampate, 150508072, FTK, PKM, 082163137011.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas X pada materi struktur atom di SMA Negeri I Darul Imarah, diperoleh informasi bahwa hanya 45% yang mencapai ketuntasan minimum pada materi struktur atom kelas X selebihnya guru harus melakukan remedial agar semua siswa mencapai ketuntasan minimum. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua siswa paham dengan materi struktur atom yang akhirnya berdampak pada nilai yang dihasilkan siswa tidak mencapai KKM. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan instrumen three-tier multiple choice sebagai solusi untuk melihat tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIA2 yang berjumlah 21 siswa. Instrumen pengumpulan data dikumpulkan melalui three-tier multiple choice, kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui pemberian skor serta berdasarkan rumus presentase. Hasil tes dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang paham konsep sebesar 34%, siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 54% dan tidak memahami konsep sebesar 10%. Pemahaman siswa pada materi struktur atom terjadi pada indikator penentuan partikel dasar dan indikator penentuan konfigurasi elektron. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen three-tier multiple choice dapat digunakan pada materi struktur atom untuk melihat tingkat pemahaman siswa kelas X MIA2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nurmalahayati, M.Si, Ph.D, Pembimbing II : Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Three-Tier Multiple Choice, dan Struktur Atom.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Engi Dini Mampate
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:03
Last Modified: 06 Jul 2020 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12489

Actions (login required)

View Item View Item
TOP