Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di MAN 5 Bireuen.

Rauza Tinur, 150208064 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di MAN 5 Bireuen. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan   Model   Pembelajaran  Kooperatif  Tipe Bamboo Dancing untuk Meningkatkan  Hasil Belajar Siswa pada Materi  Struktur Atom di MAN 5 Bireuen.]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom di MAN 5 Bireuen.)
Rauza Tinur, 150208064, FTK, PKM, 082277953445.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berimplikasi pada hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan di MAN 5 Bireuen diperoleh informasi bahwa pembelajaran kimia yang berlangsung masih menggunakan strategi pembelajaran tradisional yang didominasi dengan metode ceramah, sehingga proses belajar mengajar menjadi monoton dan belum melibatkan siswa secara aktif yang akhirnya berdampak pada nilai yang dihasilkan siswa tidak mencapai KKM. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran Bamboo Dancing pada materi Struktur Atom? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIPA1 yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan angket. Data observasi dan angket respon siswa dianalisis melalui rumus persentase. Hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 83,5% dan siklus II meningkat menjadi 93,1%. Persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 82,9% dan siklus II meningkat sebanyak 96,5%. Persentase hasil respon siswa sebesar 91% dikategorikan sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai sebanyak 67% dan siklus II meningkat menjadi 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Bamboo Dancing pada materi struktur atom dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 5 Bireuen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Bambo Dancing, Hasil Belajar dan Struktur Atom.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rauza Tinur
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:02
Last Modified: 06 Jul 2020 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12490

Actions (login required)

View Item
View Item