Studi Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMPN 2 Salang Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Stad Dan Media Komik

Mia Resa, 150204103 (2020) Studi Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMPN 2 Salang Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Stad Dan Media Komik. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Studi Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMPN 2 Salang Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Stad Dan Media Komik)
Mia Resa, 150204103, FTK, PSF, 085207498047.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas VII SMPN 2 Salang, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan media komik belum pernah digunakan. Dalam proses pembelajaran peserta didik pada umumnya hanya mengandalkan guru, buku paket (buku fisika) dan LKS sebagai sumber belajar. Dari hasil pengamatan peneliti bahwa sumber belajar tersebut masih sulit dipahami peserta didik, sehingga motivasi peserta didik dalam belajar berkurang. Selain itu guru juga masih terpaku dengan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang konvensional dengan metode ceramah yang cenderung membuat peserta didik merasa bosan dan sulit memperhatikan penjelasan guru. Sehingga hasil belajar peserta didik siswa kelas VII di SMPN 2 Salang Tahun ajaran 2019/2020 berada dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran STAD dan media komik pada kelas VII di SMPN 2 Salang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Salang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang masing masing jumlahnya 20 orang, kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan media komik sedangkan kelas kontrol diajarkan tanpa menggunakan media komik pada materi yang sama. Data yang diperoleh berdasarkan observasi dan hasil tes, kemudian dianalisis menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan 0,05%. Berdasarkan data tes akhir yang diperoleh setelah dianalisis serta dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,18 dan ttabel = 2,021 sehingga thitung > t tabel. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan media komik lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik yang diajarkan tanpa menggunakan media komik pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Bukhari, S.Si., M. T Pembimbing II : Nurhayati, S. Si., M. Si
Uncontrolled Keywords: Studi, HasilBelajar, STAD, Media Komik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mia Resa
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:26
Last Modified: 06 Jul 2020 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item View Item
TOP