Pengaruh Ketersediaan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) Terhadap Kemudahan Penelusuran Arsip Oleh Pengguna Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Nova Aprianti, 150503042 (2020) Pengaruh Ketersediaan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) Terhadap Kemudahan Penelusuran Arsip Oleh Pengguna Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Ketersediaan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) Terhadap Kemudahan Penelusuran Arsip Oleh Pengguna Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Nova Aprianti, 150503042, FAH, IP, 082277814959.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Ketersediaan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) terhadap Kemudahan Penelusuran Arsip oleh Pengguna di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh ketersediaan Sistem Kearsipan Nasional (SIKN) terhadap kemudahan penelusuran arsip oleh pengguna di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan Sistem Kearsipan Nasional (SIKN) terhadap kemudahan penelusuran arsip oleh pengguna di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Yang menjadi responden pada penelitian ini berjumlah 67 orang. Dasar memilih responden tersebut dalam penelitian ini karena penulis menggunakan metode purposive sampling, yaitu informan ditetapkan dengan cara memilih berdasarkan ciri-ciri atau sifat tertentu dan dengan tujuan tertentu dari penulis yang terdapat pada subyek penelitian. Sedangkan teknik analisis data menggunakan editing, coding,tabulasi dan presentase perolehan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) terhadap kemudahan penelusuran arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh sudah berpengaruh namun terdapat hambatan yaitu pengguna perlu keterampilan dalam penelusuran arsip pada Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) juga kurangnya konten yang tersedia, dan terjadi kegagalan dalam menelusuri arsip. Dari hasil penelitian tersebut, maka harus dilakukan pembaharuan aplikasi yang cepat agar pengguna arsip tidak lambat untuk mendapatkan arsip. Petugas seharusnya mengupload lebih banyak arsip ke dalam portal Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) agar pengguna tidak meminta lagi arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Khatib A. Latief, M.LIS 2. Cut Putroe Yuliana M.IP
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan, Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) Kemudahan, Penelusuran Arsip.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nova Aprianti Nova
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:28
Last Modified: 29 Dec 2020 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item View Item
TOP