Pengembangan Kurikulum: Analisis Filosofis dan Implikasinya dalam Kurikulum 2013

Dr. Saifullah, S. Ag., M. Ag, 2006047203, ed. (2016) Pengembangan Kurikulum: Analisis Filosofis dan Implikasinya dalam Kurikulum 2013. FTK Ar-Raniry Press, Banda Aceh. ISBN 978-602-60401-6-9

[thumbnail of Membahas tentang pengembangan kurikulum dan implikasinya kurikulum 2013]
Preview
Text (Membahas tentang pengembangan kurikulum dan implikasinya kurikulum 2013)
Buku 2 Pengembangan Kurikulum-OKE PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Institusi pendidikan ditantang untuk mengubah kurikulum secara total. Penekanan pengembangan kurikulum tidak lagi terbatas pada content atau pengetahuan melainkan juga meliputi pengembangan pembelajaran, kemampuan kreatif, serta penggunaan informasi baru dan teknologi komunikasi. Dengan demikian setiap institusi pendidikan yang akan mengembangkan kurikulum harus memperhatikan azas kompetensi, manfaat, kelenturan (fleksibilitas), dan continuous improvement. Komponen dalam pengembangan kurikulum meliputi hal-hal sebagai berikut: (a) perencanaan strategis, (b) persiapan secara menyeluruh, (c) identifikasi tujuan pembaharuan, pengukuran kinerja, sasaran dan langkah-langkah, (d) analisis kurikulum yang ada/masih digunakan, (e) perancangan kurikulum baru, dan (f) implementasi & evaluasi, yang untuk seterusnya merupakan suatu siklus continuous improvement. Pengembangan kurikulum pada hakekatnya terjadi sepanjang masa. Namun demikian, dalam praktik dikenal adanya peninjauan dan revisi kurikulum secara berkala, pada umumnya antara 4-5 tahun sekali. Apabila dikaitkan dengan hakekat continuous improvement maka pengembangan kurikulum perlu dirancang melalui program monitoring & evaluation sejalan dengan dilaksanakannya kurikulum. Dengan demikian apabila pengembangan kurikulum dilakukan setiap 4-5 tahun sekali maka proses pengembangan tidak akan mengalami hambatan yang berarti karena sudah ada perencanaan dan data yang mendukungnya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Filosofis, Kurikulum 2013
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saifullah Idris
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:59
Last Modified: 20 Oct 2017 08:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item
View Item