Pengaruh Penerapan Model Kooperatif tipe TPS(Think-Pair-Share) berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Nurul Hidayah, 261324618 (2017) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif tipe TPS(Think-Pair-Share) berbantuan Software GeoGebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas Tentang Model Pembelajaran)
skripsi full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika tingkat SMP umumnya masih dalam kategori rendah terutama pada materi segiempat. Cara untuk mengatasi hal tersebut, perlu dipertimbangkan penggunaan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satunya adalah model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) Berbantuan Software GeoGebra. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan software GeoGebra dengan pembelajaran konvensional dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta menggunakan pre-test dan post-test. Populasi penelitian seluruh sisiwa kelas VII SMPN 2 Sigli. Sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII1 dan VII2. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan statistik uji t dan data respon siswa dianalisis dengan persentase deskriptif. Diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,19 > 1,69 sehingga H0 ditolak dan dengan demikian H1 benar. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) berbantuan software GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dan respon siswa terhadap model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) berbantuan software GeoGebra adalah sangat positif. Respon siswa yang sangat positif ini membuat mereka bisa berpikir dan berbagi dalam belajar kooperatif yang memberikan peluang bagi mereka untuk memperoleh hasil belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M. Pd. 2. Herawati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Tipe TPS, Software GeoGebra, Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:49
Last Modified: 18 Oct 2017 04:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item
View Item