Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus di Man 4 Aceh Besar

Cut Maulida Rahmah, 150204066 (2020) Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus di Man 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus di Man 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus di Man 4 Aceh Besar)
Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus di Man 4 Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi merupakan salah satu problem dalam pembelajaran fisika dan
menyebabkan siswa sulit dalam memahami konsep fisika ,miskonsepsi terjadi hampir
pada seluruh materi dalam pembelajaran fisika salah satu materi yang dianggap
penting adalah kinematika gerak lurus. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi kinematika gerak lurus di MAN 4
Aceh besar kelas XI tahun 2019/2020 yang berjumlah 95 siswa dan ditetapkan subjek
sebanyak 30 siswa . Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes Diagnostik yang dilengkapi dengan
CRI (Certainty Of Response Index). Pengolahan data menggunakan Statistik
sederhana dalam bentuk perhitungan persentase. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa rata-rata tingkat Tidak tahu Konsep (TTK) sebanyak 19,16%, Paham Konsep
Kurang Yakin sebanyak 5,68%, Paham Konsep sebanyak 28,99%, dan Miskonsepsi
sebanyak 46,17%. Tingginya persentase siswa yang mengalami miskonsepsi dan
siswa yang kurang pengetahuan ini menunjukkan tingkat pemahaman konsep siswa
pada materi Kinematika Gerak Lurus di MAN 4 Aceh Besar masih rendah.
Diharapkan kepada guru agar dapat melakukan analisis konsepsi awal siswa agar
miskonsepsi dapat diatasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Cur Maulida Rahmah
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:29
Last Modified: 08 Jul 2020 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item
View Item