Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Elektronika Mikroprosesor Di Kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh

Rahmatu Ummiya, 150211003 (2020) Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Elektronika Mikroprosesor Di Kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Rahmatul Ummiya, 150211003, FTK, PTE, 082352463212.pdf]
Preview
Text
Rahmatul Ummiya, 150211003, FTK, PTE, 082352463212.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penerapan pembelajaran PBL berperan penting dalam peningkatan hasil belajar peserta didik, dengan adanya pembelajaran PBL maka peserta didik dapat berfikir kritis dan bisa mengembangkan pengetahuan baru. Pembelajaran PBL menuntut peserta didik untuk mampu memecahkan masalah mengenai materi yang diajarkan oleh guru. Peneliti menerapkan model PBL pada pembelajaran untuk mengetahui rancangan dan pengaruh hasil belajar peserta didik dikelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan eksperimen jenis pre eksperiment berupa metode one-group pretest-posttest design. Subjek yang diambil hanya satu kelas yaitu siswa kelas X berjumlah 28 siswa. Berdasarkan analisis data uji t pada hasil pretest dan posttest, maka diperoleh t_tabel = 1,70 sedangkan t_hitung dengan jumlah nilai 5,15, hal tersebut membuktikan (5,15 > 1,70) yang artinya H_a diterima sedangkan H_0 ditolak. Sehingga dengan adanya penerapan PBL pada proses pembelajaran, maka terdapat peningkatan hasil belajar terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rahmatul Ummiya Rahma
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:59
Last Modified: 08 Jul 2020 04:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12588

Actions (login required)

View Item
View Item