Sri Rahmi, 2018047702 (2017) Kepemimpinan Humanis Religius di Lembaga Pendidikan Islam. I ed. Prenada Media Group (Divisi Kencana), Jakarta Timur. ISBN 978-602-422-264-2
Kepemimpinan Humanis Religius di Lembaga Pendidikan Islam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (18MB) | Preview
Abstract
Nilai-nilai hubungan antar manusia (human relation) yang Islami tergambar dari perlakuan kepala sekolah terhadap bawahannya, di mana tidak membeda-bedakan latar belakang dari setiap bawahan, bersikap adil terhadap semua bawahan, menganggap bahwa semua manusia sama dihadapan Allah kecuali amal ibadah yang membedakannya, menganggap bahwa setiap bawahan memiliki kelebihannya masing-masing, menganggap bawahan sebagai satu keluarga yang saling mendukung, komunikasi yang terjalin antara atasan dan bawahan seperti yang diperintahkan dalam Al-Qur'ann, yaitu dengan perkataan-perkataan yang lembut, tidak memaksakan kehendak individu, kepentingan bersama di atas kepentingan individu, menerapkan kebenaran dan kesungguhan dalam bersikap, berucap dan melaksanakan tugasnya, bertanggung jawab atas amanah kepemimpinannya, menghadapi setiap permasalahan yang muncul dalam kepemimpinannya dan mengedepankan keterbukaan yaitu penyampaian segala sesuatu dengan kejujuran dan bertanggung jawab. Kepala sekolah dalam membangun hubungan antarnmanusia (human relation) pada saat pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan pembentukan kerja sama tim menggunakan Kepemimpinan Humanis-Religius.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Humanis Religius, Lembaga Pendidikan Islam |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sri Rahmi Rahmi |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 08:34 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 08:34 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12592 |