Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Islami untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 2 Aceh Selatan

Cut Ayu Miranda, 150204097 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Islami untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 2 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Islami untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 2 Aceh Selatan)
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Islami untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran Fisika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di MAN 2 Aceh Selatan diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran Fisika masih kurang efektif dan efisien. Pembelajaran hanya memfokuskan pada aspek kognitif dan tidak didukung oleh eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain One Group Pre-test Post-test kelas eksperimen XI IPA yang berjumlah 24 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus N-Gain dan data lembar observasi di analisis dengan cara deskriptive. Hasil analisis N-Gain didapatkan bahwa 9 siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 8,1%, 11 orang siswa termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 5,6% dan 4 orang termasuk dalam kategori rendah dengan presentase 1,02%. Sedangkan lembar observasi meliputi sepuluh indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Ayu Miranda Ayu
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:49
Last Modified: 09 Jul 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item
TOP