Perspektif Hukum Islam terhadap Bentuk dan Pelaksanaan Multi Akad pada Transaksi Go-Food di Kota Banda Aceh (Studi terhadap Multi akad dan Keabsahannya)

Arina Merlisa, 150102132 (2020) Perspektif Hukum Islam terhadap Bentuk dan Pelaksanaan Multi Akad pada Transaksi Go-Food di Kota Banda Aceh (Studi terhadap Multi akad dan Keabsahannya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Perspektif Hukum Islam terhadap Bentuk dan Pelaksanaan Multi Akad pada Transaksi Go-Food di Kota Banda Aceh (Studi terhadap Multi akad dan Keabsahannya))
Perspektif Hukum Islam terhadap Bentuk dan Pelaksanaan Multi Akad pada Transaksi Go-Food di Kota Banda Aceh (Studi terhadap Multi akad dan Keabsahannya).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Fitur GO-FOOD dalam aplikasi GO-JEK merupakan layanan transaksi pesan antar makanan antara konsumen (pemesan) dengan penjual (restoran) melalui perantara pengemudi GO-JEK. Diketahui dalam layanan GO-FOOD terdapat beberapa akad di dalamnya yang disebut juga multi akad. Penelitian ini memuat rumusan masalah: (1)Bagaimana penerapan akad pada saat terjadinya pesanan GO-FOOD ?, (2)Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap multi akad pada transaksi GO-FOOD ?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan metode penelitian deskriptif analisis, bersumber dari penelitian lapangan, kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian dapat diketahui bahwa hasil penelitian ini menunjukkan: (1)Dalam transaksi GO-FOOD terjadinya beberapan akad berdasarkan mekanisme layanan ini adalah akad salam, akad ijarah, dan akad wakalah. (2)Berdasarkan perspektif hukum Islam multi akad yang terdapat pada transaksi GO-FOOD boleh, karena sebagian pendapat ulama membolehkan multi akad dengan dasar hukum multi akad boleh, kecuali ada dalil syara’ yang mengharamkan dan membatalkannya dan selama multi akad tersebut tidak mengantar kepada hal yang diharamkan, seperti riba, samarnya harga, penipuan dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Arina Merlisa Arina
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:04
Last Modified: 09 Jul 2020 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12603

Actions (login required)

View Item View Item
TOP