Dispensasi Pernikahan Anak Di Bawah Umur (Analisis Pelaksanaan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan di Kantor Urusan Agama Kabupaten Nagan Raya)

Zuhrizal Fazli, 150101010 (2020) Dispensasi Pernikahan Anak Di Bawah Umur (Analisis Pelaksanaan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan di Kantor Urusan Agama Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Dispensasi Pernikahan Anak Di Bawah Umur (Analisis Pelaksanaan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan di Kantor Urusan Agama Kabupaten Nagan Raya))
Dispensasi Pernikahan Anak Di Bawah Umur (Analisis Pelaksanaan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan di Kantor Urusan Agama Kabupaten Nagan Raya).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kerancuan makna dalam memahami Pasal 7 ayat 2 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan yang menyatakan bahwa dalam hal penyimpangan ayat (1) pasal ini dapat minta dispensasi kepada pengadilan atau pejabat lain yang diminta oleh kedua orang tua pihak pria atau pihak wanita. Dengan demikian, terdapat pihak lain selain pengadilan yang dapat memberikan dispensasi pernikahan. Namun, undang-undang tidak menjelaskannya secara eksplisit tentang pihak mana saja yang dapat memberikan dispensasi pernikahan. Oleh karenanya, penulis tertarik untuk meneliti tentang siapa yang memiliki kewenangan untuk memberikan dispensasi pernikahan dan apa dasar yuridis penolakan Kantor Urusan Agama Nagan Raya untuk memberikan dispensasi pernikahan anak di bawah umur. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan kepustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Zuhrizal Fazli
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:08
Last Modified: 09 Jul 2020 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12604

Actions (login required)

View Item View Item
TOP