Pengelolaan Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah dengan Menggunakan Mathematthic games pada Siswa Kelas X

Nashrullah Mailisman, 261324563 (2017) Pengelolaan Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah dengan Menggunakan Mathematthic games pada Siswa Kelas X. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kecemasan Matematika]
Preview
Text (Membahas Tentang Kecemasan Matematika)
skripsi fulll.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari matematika siswa sering kali merasakan cemas yang mempengaruhi pembelajaran sehingga harus diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Salah satu alternatif yang dapat mengurangi kecemasan siswa terhadap pembelajaran matematika adalah dengan penerapan pembelajaran kontekstual berbasis masalah dengan menggunakan mathematthic games. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kecemasan siswa dan mengetahui apakah dengan pembelajaran kontekstual berbasis masalah dengan menggunakan mathematthic games dapat mengurangi tingkat kecemasan matematika. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana yang terdiri 16 orang. Sedangkan yang dijadikan objek adalah kecemasan siswa terhadap pembelajaran Matematika. Untuk memperoleh data digunakan angket dan observasi. Dari hasil penelitian digunakanlah statistik uji-t pihak kiri dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil pengolahan tersebut didapatkan thitung= 1,4 dan ttabel = 1,70. Ini artinya thitung<ttabel yaitu 1,4< 1,70 sehingga H_o ditolak, maka H_a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah dengan menggunakan mathematthic games dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk mengelola kecemasan siswa dalam suatu pembelajaran, guru harus menanamkan rasa percaya diri, menghilangkan prasangka negatif terhadap matematika, ciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan nyaman yaitu dengan melibatkan game dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dr Zainal Abidin, M. Pd. 2. Cut Intan Salasiyah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika, Kecemasan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nashrullah Mailisman
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:38
Last Modified: 18 Oct 2017 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item
View Item