Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar.

Zikraul Husna, 150209110 (2020) Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar.]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V MIN 26 Aceh Besar.)
Zikraul Husna, 1502090110, FTK, PGMI, 081338393696.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru menggunakan model pembelajaran yang belum sesuai dengan yang diharapkan, murid kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh penerapan model mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa; (2) menganalis respon siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar, sampel dalam penelitian ini adalah kelas Va dan Vb. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini (1) soal tes (2) angket respon siswa. Soal tes pemahaman konsep yang dianalisis dengan aplikasi SPSS 16 dengan taraf signifikasi 0,05, analisis respon menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep dengan penerapan model mind mapping di kelas V MIN 26 Aceh Besar mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 75,58, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 68,00. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 2,075, dengan dk 35 diperoleh ttabel = 2,030 Hasil ini menunujukkan thitung > ttabel dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar; (2) respon belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 83 termasuk kedalam kategori sangat baik, dan respon belajar siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata 80 termasuk kedalam kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D Pembimbing II : Mainisa, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pemahaman Konsep, Model Mind Mapping.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zikraul Husna
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:29
Last Modified: 10 Jul 2020 08:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12627

Actions (login required)

View Item
View Item