Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Dibrina Raseuki Ginting, 150209120 (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar)
Dibrina Raseuki Ginting, 150209120, FTK, PGMI, 05260621309.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Rendahnya keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa menunjukan masih lemahnya proses pembelajaran di sekolah, seperti halnya dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan strategi untuk dapat menunjang keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi giving question and getting answer terhadap keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa pada subtema pekerjaan di sekitarku di MIN 26 Aceh Besar. Penelitan ini menggunakan Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design dengan pemberian pretest kemudian treatment dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar dan pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan bertanya siswa dan soal tes berbentuk pretest dan posttest, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentasi untuk keterampilan bertanya dan analisis statistik uji-t untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan bertanya siswa pada kelas eksperimen diperoleh persentase sebanyak 62,73% dan pada kelas kontrol 52,03%, dan penerapan strategi giving question and getting answer berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai posttest kelas ekperimen yaitu x ̅ = 77,23% lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol x ̅ = 66,5%. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,25 > 1,69. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan bertanya siswa pada persentase sedang serta penerapan strategi giving question and getting answer berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Wati Oviana, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Emalfida, S.Pd., M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dibrina Raseuki Ginting
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:28
Last Modified: 10 Jul 2020 08:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

View Item
View Item