Proses Berpikir Kreatif Siswa Olimpiade dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar

Shaheb Alkiram, 150205065 (2020) Proses Berpikir Kreatif Siswa Olimpiade dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Proses Berpikir Kreatif Siswa Olimpiade dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar)
Shaheb, 150205065, FTK, PMA, 082260919807.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Matematika menggambarkan cara berpikir seseorang dalam memecahkan masalah. Siswa yang memperoleh juara atau pernah mengikuti olimpiade matematika lebih mampu memecahkan masalah matematika daripada siswa lain, sehingga memerlukan pendalaman untuk memahami proses berpikir siswa olimpiade matematika yang dikaitkan dengan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa olimpiade dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memperoleh juara 1, 2, dan 3 pada perlombaan KSM tingkat MTs kota Banda Aceh dan 3 siswa pernah mengikuti perlombaan OPTIKA 2019 Wilayah VIII. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan lembar tes sebagai instrumen utama yang dipandu oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu, STKBKf 2 dilaksanakan setelah sehari berselang pelaksanaan STKBKf 1. Hasil penelitian ini adalah (1) subjek dengan gaya visual melakukan proses berpikir asimilasi pada indikator fluency, flexibility, dan melakukan proses berpikir akomodasi dan abstaksi pada indikator originality dan elaboration (2) subjek dengan gaya belajar audio melakukan proses berpikir asimilasi pada indikator fluency dan flexibility (3) subjek dengan gaya belajar kinestetik melakukan proses berpikir asimilasi pada indikator fluency, flexibility, dan melakukan proses berpikir akomodasi dan abstaksi pada indikator originality dan elaboration.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M. Kes Pembimbing II : Susanti, S. Pd. I., M. Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Shaheb Shaheb
Date Deposited: 13 Jul 2020 03:03
Last Modified: 13 Jul 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

View Item View Item
TOP