Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 2 Takengon

Vela Rizmitami, 140201177 (2020) Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 2 Takengon. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 2 Takengon]
Preview
Text (Pemahaman Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMPN 2 Takengon)
Vela Rizmitami, 140201177, FTK, PAI, 082363794655.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang telah diberikan oleh guru di dalam kelas merupakan faktor penting dalam kegiatan pembelajaran. Karena keberhasilan suatu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dilihat dari sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi-materi pembelajarannya. Namun di kelas VIII SMPN 2 Takengon masih kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh sebab itu, peneliti mencoba melihat pemahaman Pendidikan Agama Islam tersebut dari ranah afektif, kognitif serta psikomotor peserta didik. Fokus penelitian ini adalah Bagaimanakah tingkat pemahaman ranah afektif, kognitif serta psikomotor peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 2 Takengon?. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-5 SMPN 2 Takengon yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data melalui instrumen observasi aktivitas guru dan peserta didik serta tes kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus skor hasil. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikategorikan “baik” dengan perolehan nilai 82,3 dan menjadi 94,1 pada siklus II. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh nilai 76,1 dengan kategori “cukup” kemudian meningkat menjadi 86,0 dengan kategori “baik” pada siklus II. Hasil tes pada siklus I dengan kategori “cukup” yaitu pre test I dengan skor 62,2 dan post test I dengan skor 74,5 kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori “baik” yaitu pre test II dengan skor 82,2 dan post test II dengan skor 85,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 2 Takengon dikategorikan “baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge > 001.1 Kehidupan Intelektual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vela Rizmitami
Date Deposited: 10 Jul 2020 09:38
Last Modified: 10 Jul 2020 09:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item
View Item