Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Pencabulan Anak di Bawah Umur ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Terhadap Upaya Rehabilitasi Korban oleh P2TP2A Kabupaten Aceh Selatan)

Dwi Aprilia, 150104024 (2020) Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Pencabulan Anak di Bawah Umur ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Terhadap Upaya Rehabilitasi Korban oleh P2TP2A Kabupaten Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Pencabulan Anak di Bawah Umur ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Terhadap Upaya Rehabilitasi Korban oleh P2TP2A Kabupaten Aceh Selatan))
Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Pencabulan Anak di Bawah Umur ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Terhadap Upaya Rehabilitasi Korban oleh P2TP2A Kabupaten Aceh Selatan).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak adalah manusia yang mempunyai kemampuan fisik, mental dan sosial yang masih terbatas untuk mengatasi berbagai resiko dan bahaya yang dihadapinya, yang masih bergantung pada pihak lain terutama anggota keluarganya yang berperan aktif untuk melindungi dan memeliharanya. Kejahatan seksual khususnya pencabulan yang dilakukan terhadap anak akan berdampak buruk bagi kesehatan mental dan psikologis anak, pendidikan, dan hubungan sosial maupun perkembangan lainnya, sebagaimana data yang diperoleh dari P2TP2A Kabupaten Aceh Selatan. Karena itu anak korban pencabulan perlu mendapat perlindungan hukum dan pemenuhan hak-haknya sebagai korban. Permasalahan yang diajukan adalah bagaimana upaya P2TP2A Kabupaten Aceh Selatan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap korban pencabulan yang masih di bawah umur, hambatan apa saja yang dialami P2TP2A Kabupaten Aceh Selatan dalam melakukan perlindungan hukum terhadap anak di bawah umur yang menjadi korban tindak pidana pencabulan, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap upaya perlindungan hukum. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif analisis, sedangkan teknik pengumpulan data primer diperoleh melalui penelitian lapangan sedangkan data sekunder melalui penelitian perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Dwi Aprilia
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:38
Last Modified: 13 Jul 2020 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item View Item
TOP