Nadya Cahyani, 150208113 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Minyak Bumi Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Nadya Cahyani, 150208113, FTK, PKM, 082290853948.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (15MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Baitussalam tentang pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi yang dilatarbelakangi oleh berlangsungnya pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa tidak terlibat aktif serta kurang memahami materi yang menyebabkan belum mencapainya KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ICARE pada materi minyak bumi di SMA Negeri 1 Baitussalam. Jenis penelitian yang digunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas experimen dan siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah sampel 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t yang dianalisis menggunakan uji t-test dengan jenis uji dua pihak, diperoleh nilai dari uji t yaitu thitung > ttabel (3,157 > 2,0129) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ICARE dan tanpa adanya model pada materi minyak bumi di SMA Negeri 1 Baitussalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd Pembimbing II : Hayatuz Zakiyah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran ICARE, Hasil Belajar, Minyak Bumi. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nadya Cahyani |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 04:11 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 04:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12659 |