Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Helajar Siswa pada Materi Reaksi Oksidasi dan Reduksi di SMA Bina Bangsa Aceh Besar

Juniana Fitri Amsa, 291325028 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Helajar Siswa pada Materi Reaksi Oksidasi dan Reduksi di SMA Bina Bangsa Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang hasil belajar]
Preview
Text (membahas tentang hasil belajar)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran kimia yang disampaikan oleh guru. Salah satu hal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa karena guru kurang menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada materi reaksi oksidasi dan reduksi di SMA Bina Bangsa Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi Reaksi Oksidasi dan Reduksi di SMA Bina Bangsa, aktifitas siswa serta respon siswa terhadap model pembelajaran Two Stay Two Stray. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Bina Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre-Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda, observasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada uji normalitas dengan taraf signitifikan X2 hitung < X2 tabel atau 1,467 < 11,1 yang menyatakan sebaran tes berdistribusi normal, sedangkan pada hasil uji t dengan taraf signitifikan Thitung > Ttabel atau 8,251 > 2,13 yang menyatakan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray, sedangkan pada uji n-Gain nilai rata-rata siswa mencapai kriteria tinggi. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 79,14% pada pertemuan I menjadi 88,33% pada pertemuan II, serta siswa memiliki respon positif terhadap penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi reaksi oksidasi dan reduksi, dengan presentase respon siswa pada pilihan Ya adalah 84% yang menyatakan siswa tertarik dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray sedangkan respon pada pilihan Tidak adalah 16%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Ir. Amna Emda, M. Pd 2. Teuku Badlisyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran two stay two stray, hasil belajar, reaksi oksidasi dan reduksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: miss juniana fitri amsa
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:33
Last Modified: 18 Oct 2017 07:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item
View Item