Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Banda Aceh

Sonya Amelia Huliselan, 150208097 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Banda Aceh)
Sonya Amelia, 150208097, FTK, PKM, 085260129926.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Banda Aceh tentang pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia yang dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa yang menyebabkan siswa belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran Make A Match pada materi ikatan kimia. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah sampel 25 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis dan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t yang dianalisis menggunakan uji t-test dengan jenis uji dua pihak dan angket yang dianalisis dengan persentase respon, sehingga diperoleh nilai dari uji t yaitu thitung yaitu 2,7459 ≥ ttabel 2,0106 maka H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dan tanpa adanya model pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Hasil persentase respon siswa yang menjawab Sangat Tidak Setuju (STS) 0%, Tidak Setuju (TS) 1,2%, Setuju (S) 26,4% dan Sangat Setuju (SS) 72,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hilmi, M.Ed, Pembimbing II : Teuku Badlisyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Ikatan kimia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Sonya Amelia Huliselan
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:12
Last Modified: 14 Jul 2020 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12660

Actions (login required)

View Item
View Item