Analisis Yuridis Hukuman Cambuk Terhadap Anak dalam Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018 Ditinjau dari Hukum Islam

Nurul Rahmah, 150105094 (2020) Analisis Yuridis Hukuman Cambuk Terhadap Anak dalam Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018 Ditinjau dari Hukum Islam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Yuridis Hukuman Cambuk Terhadap Anak dalam Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018 Ditinjau dari Hukum Islam]
Preview
Text (Analisis Yuridis Hukuman Cambuk Terhadap Anak dalam Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018 Ditinjau dari Hukum Islam)
Analisis Penerapan Shariah Compliance Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Syariah Mitra Niaga Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Gubernur Aceh melalui Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Hukum Acara Jinayat, tepatnya Pasal 39 menyebutkan bahwa anak dapat dihukum dengan hukuman cambuk dengan beberapa ketentuan, di antaranya adalah hukuman cambuk dilakukan oleh jaksa dan pelaksanaannya harus dilakukan di tempat tertutup. Dilihat dari aspek yuridis peraturan perundang-undangan di Indonesia, ketentuan Peraturan Gubernur di atas cenderung berbeda dengan ketentuan yuridis, baik undang-undang perlindungan anak, maupun undang-undang peradilan anak. Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka pertanyaan penelitian ini adalah: bagaimana tinjauan yuridis terhadap hukuman cambuk atas anak dalam Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018?, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hukuman cambuk anak dalam Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018?. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui tinjauan yuridis terhadap hukuman cambuk atas anak dalam Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018, dan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam terhadap hukuman cambuk anak dalam Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2018. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data-data dianalisis melalui metode pendekatan analisisnormatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Nurul Rahmah Nurul
Date Deposited: 15 Jul 2020 01:46
Last Modified: 15 Jul 2020 01:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item
View Item