Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dikelas V MIS Sp. Lanting Sinabang

Ernawati, 150209071 (2019) Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dikelas V MIS Sp. Lanting Sinabang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Teka-teki Silang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa]
Preview
Text (Penggunaan Media Teka-teki Silang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa)
Ernawati, 150209071, FTK, PGMI, 081370263691.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi
hasil belajar, permasalahan yang terjadi dikelas V MIS Sp. Lanting Sinabang
kurangnya minat belajar saat proses pembelajaran, dan siswa kurang
memperhatikan saat guru menjelaskan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu:
bagaimanakah aktivitas guru dalam menggunakan media teka-teki silang?,
bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media teka-teki
silang?, bagaimanakah minat belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan
media teka-teki silang?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
aktivitas guru, aktivitas siswa dan minat belajar siswa dalam pembelajaran
menggunakan media teka-teki silang.Metodelogi dalam penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas PTK dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V Sp. Lanting Sinabang. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar
observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan angket, sedangkan teknik analisis
data penelitian menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria
keberhasilan yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi
aktivitas guru pada siklus 1(63.3) termasuk dalam kategori kurang baik, pada
siklus II kemampuan guru terus meningkat menjadi (86,6) yaitu dalam kategori
baik, dan pada siklus III kemampuan guru terus meningkat menjadi (98,2) yaitu
dalam kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (70,8 )
dalam kategori cukup baik, pada siklus II (78,8) dalam kategori baik dan pada
siklus III (97,9) dalam kategori sangat baik. Hasil angket minat pada siklus I
(3,74) dengan kriteria baik, pada angket minat siklus II (4,25) dengan kriteria
Sangat baik dan pada siklus III (4,57) dengan kriteria sangat baik. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media teka-teki silang dapat
meningkatkan aktivitas guru, siswa dan angket minat siswa kelas V MIS Sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Azhar, M. Pd 2. nida Jarmita, S. Pd. M. Pd
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, media teka-teki silang
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ernawati
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:52
Last Modified: 16 Jul 2020 07:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item
View Item