Penganiayaan Berat Sebagai Salah Satu Sebab Penghalang Kewarisan dalam Khi 173 Huruf A (Analisis Hukum Islam)

Monica Inmai, 150101045 (2020) Penganiayaan Berat Sebagai Salah Satu Sebab Penghalang Kewarisan dalam Khi 173 Huruf A (Analisis Hukum Islam). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Penganiayaan Berat Sebagai Salah Satu Sebab Penghalang Kewarisan dalam Khi 173 Huruf A (Analisis Hukum Islam))
Penganiayaan Berat Sebagai Salah Satu Sebab Penghalang Kewarisan dalam Khi 173 Huruf A (Analisis Hukum Islam).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam KHI Pasal 173 disebutkan bahwa penganiayaan berat tidak boleh menerima hak warisan, sedangkan dalam literatul fikih, tidak menyebutkan bahwa pelaku penganiayaan itu terhalang mendapatkan warisan. Maka pendapat inilah yang menjadi kontroversi antara Kompilasi Hukum Islam (KHI) dengan Fikih. Dalam Kompilasi Hukum Islam pasal 173 huruf a menyatakan bahwa Seorang yang terhalang menjadi ahli waris apabila dengan putusan hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, di hukum karena dipersalahkan telah membunuh atau mencoba membunuh atau menganiaya berat para pewaris. Sedangkan jika dilihat aturan hukum Islam menyatakan bahwa salah satu yang dapat menyebabkan terhalangnya seseorang mendapatkan warisan adalah karena ia membunuh pewaris. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa menurut hukum Islam jika seseorang hanya mencoba membunuh pewaris namun tidak berhasil maka ia tetap dapat mewarisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Monica Inmai Monica
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:53
Last Modified: 16 Jul 2020 07:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item View Item
TOP