Bahagia Menurut Perspektif Lanjut Usia (Study Kasus Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh)

Ratu Ullyal Fasha, 150402105 (2020) Bahagia Menurut Perspektif Lanjut Usia (Study Kasus Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Bahagia Menurut Perspektif Lanjut Usia (Study Kasus Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh)]
Preview
Text (Bahagia Menurut Perspektif Lanjut Usia (Study Kasus Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh))
Bahagia Menurut Perspektif Lanjut Usia (Study Kasus Panti Jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahagia seorang mukmin itu bersumber dari hati.Pondasinya mengakar kuat sebagai hasil dari kesadaran mengabdi kepada Tuhannya, memilih jenis kehidupan dan tempat akhir yang lebih baik. Begitu juga bahagia yang dirasakan oleh para lansia. Akan tetapi kenyataanya berbeda dengan konsep bahagia yang dirasakan oleh lansia yang berada di panti jompo Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan umum untuk mengetahui Bahagia Menurut Perspektif Lansia, sedangkan tujuan khusus untuk mengetahui: (1) kondisi fisik, dan psikis lansia di panti jompo, (2) pola hidup lansia di panti jompo, dan(3) kondisi bahagia berdasarkan verbal dan non verbal. Penelitian ini mengunakan metodedeskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 13 orang. Teknik pengambilan sample mengunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi,dan teknik analisis data mengunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)secara Verbal semua para lansia yang tinggal di panti jompo ini sangat senang dan bahagia,(2)secara non Verbal para lansia memperlihatkan kesedihan yang mendalam, dan terlihat di wajahnya yang murung yang tidak menyenangkan, dan (3) Pola hidup lansia di panti jompo sangat baik dan sistematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ratu Ullyal Fasha Ratu
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:27
Last Modified: 16 Jul 2020 08:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12730

Actions (login required)

View Item
View Item