Peningkatan Motivasi Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Software Proteus pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Smkn 1 Darul Kamal Aceh Besar

Fira Julianda, 150211037 (2020) Peningkatan Motivasi Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Software Proteus pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Smkn 1 Darul Kamal Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Motivasi Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Software Proteus pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Smkn 1 Darul Kamal Aceh Besar]
Preview
Text (Peningkatan Motivasi Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Software Proteus pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Smkn 1 Darul Kamal Aceh Besar)
Peningkatan Motivasi Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Software Proteus pada Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Smkn 1 Darul Kamal Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media belajar yang digunakan pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika (DLE) di SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar, sehingga interaksi antara guru dan peserta didik berkurang yang berakibat peserta didik cepat bosan dan berkurangnya motivasi belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini untuk melihat aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran dengan software Proteus dan melihat motivasi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh software Proteus terhadap peningkatan motivasi peserta didik pada mata pelajaran DLE. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen yaitu quasy exprerimental research yang berbentuk single group posttest-only design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembaran pengamatan terhadap aktivitas guru dan peserta didik pada setiap pertemuan dan lembaran angket respon peserta didik pada pertemuan terakhir. Lembar pengamatan aktivitas guru digunakan untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan guru melakukan pembelajaran dengan software Proteus pada setiap pertemuannya. Lembar pengamatan aktivitas peserta didik digunakan untuk melihat sejauh mana tingkat antusias peserta didik ketika pembelajaran dengan software Proteus berlangsung. Kemudian lembar angket respon peserta didik digunakan untuk melihat respon peserta didik terhadap penggunaan software Proteus pada mata pelajaran DLE. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai total aktivitas guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan software Proteus adalah sebesar 83,3% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil total aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan media software Proteus adalah sebesar 78,7% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan persentase ketertarikan sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Fira Julianda Fira
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:47
Last Modified: 16 Jul 2020 08:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item
View Item