Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Bahasa Indonesia Di Kelas III MIN 3 Simeulue

Monalisa, 150209090 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Bahasa Indonesia Di Kelas III MIN 3 Simeulue. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif)
Monalisa,150209090, FTK, PGMI, 082240857909.OKE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara adalah kecakapan seseorang berkomunikasi secara lisan.
Permasalahan yang terjadi di kelas 3 MIN 3 Simeulue yaitu saat pembelajaran
siswa sering lupa atau bingung dengan topik yang akan dibicarakan, siswa sering
kali malu dan merasa gugup ketika diminta berbicara atau menyampaikan
pendapatnya kepada teman yang lain. Selain itu dalam pembelajaran guru sudah
baik dalam mengajar, namun strategi guru dalam mengajar masih belum tepat dan
sesuai dengan keterampilan berbicara siswa sehingga dengan menggunakan model
Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah aktivitas guru dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw
di kelas III MIN 3 Simeulue?, Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia melalui penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas III
MIN 3 Simeulue?, Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa pada
pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw
di kelas III MIN 3 Simeulue?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian
ditemukan bahwa aktivitas guru pada siklus I terdapat beberapa aspek kegiatan
masih dalam kategori penilaian cukup. Akan tetapi pada siklus II sudah terlihat
adanya peningkatan penilaian menjadi lebih baik. Untuk Aktivitas siswa pada
siklus I terdapat beberapa aspek kegiatan yang perlu ditingkatkan dan masih
dalam kategori penilaian cukup. Akan tetapi pada siklus II meningkat menjadi
lebih baik. Model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan
berbicara siswa. Pada siklus I tuntas 68% secara klasikal, akan tetapi pada siklus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Yuni Setia., S. ag. M. Pd 2. Rafidhah Hanum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Monalisa
Date Deposited: 16 Jul 2020 09:19
Last Modified: 16 Jul 2020 09:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item View Item
TOP