Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Ikatan Kimia di MAN 4 Aceh Timur

Irna Suwana, 150208073 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Ikatan Kimia di MAN 4 Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation         Berbasis Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X   pada Materi Ikatan Kimia di MAN 4 Aceh Timur]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Ikatan Kimia di MAN 4 Aceh Timur)
Irna Suwana, 150208073, FTK, PKM, 085219559774.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Aceh Timur dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Ikatan Kimia di MAN 4 Aceh Timur yang dilatarbelakangi oleh informasi yang didapatkan dari guru bidang studi yang mengatakan bahwa minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran masih kurang sehingga hasil belajar siswa menurun, dalam kegiatan belajar siswa cenderung pasif dan hanya menerima informasi atau sajian materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan aktivitas siswa dengan model Group Investigation ketika proses pembelajaran berlangsung. Rancangannya adalah desain quasi-eksperimen berbentuk nonequivalent control group yaitu kelompok sampel tidak dipilih secara random, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas X IPA1 dan X IPA2 MAN 4 Aceh Timur. Penelitian quasi eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yaitu tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar aktivitas siswa. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji paired sample t test, sedangkan lembar aktivitas siswa menggunakan rumus persentase. Hasil analisis uji t diperoleh thitung -9,607 dan ttabel -14,523, sehingga dalam hal ini diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu -9,607 ≥ -14,523, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Analisis persentase aktivitas siswa pada setiap pertemuan yaitu 86,71%, 88,28%, dan 96,09%. Dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Ikatan Kimia di MAN 4 Aceh Timur dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran tergolong sangat baik dengan skor rata-rata 90,36%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M. Pd Pembimbing II : Hayatuz Zakiyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Irna Suwana
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:10
Last Modified: 20 Jul 2020 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item
View Item