Peran Seksi Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Dalam Penyuluhan Bahaya HIV/AIDS Di Kota Banda Aceh

Hayatun Nufus, 150402026 (2019) Peran Seksi Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Dalam Penyuluhan Bahaya HIV/AIDS Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran Seksi Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Dalam Penyuluhan Bahaya HIV/AIDS Di Kota Banda Aceh)
Hayatun Nufus, 150402026, FDK, BKI, 085213894910.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan Kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara dan menjadi Ibu Kota Provinsi Aceh, Indonesia. Berbagai macam kantor kedinasan berada disini, salah satunya adalah kantor Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh yang di dalamnya memiliki bagian Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular termasuk HIV/AIDS. Kasus HIV/AIDS terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan sedikitnya tempat pelayanan khusus bagi penderita kasus HIV/AIDS. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan umum untuk mengetahui Peran seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan dalam memberikan penyuluhan bahaya HIV/AIDS, sedangkan tujuan khusus untuk mengetahui: (1) Tugas dan tanggung jawab yang diberikan Dinas Kesehatan kepada seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular (P2PM), (2) Proses penyuluhan yang dilakukan oleh seksi P2PM, dan (3) Capaian kinerja seksi P2PM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang. Teknik pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan analisis dokumentasi, dan teknik analisis data dengan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tugas dan tanggung jawab seksi P2PM sudah terjalankan dengan baik, (2) penyuluhan yang dilakukan oleh seksi pencegahan dan pengendalian penyakit menular di Kota Banda Aceh sudah baik, (3) Capaian kinerja seksi P2PM selama ini tidak stabil, hal ini dapat dilihat dari data kasus HIV/AIDS pada tahun 217 sebanyak 21 kasus, pada tahun 2018 sebanyak 11 kasus, dan tahun 2019-juni hanya ditemukan 3 kasus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd. 2. Rizka Heni, M.Pd
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.177 Kesehatan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hayatun Nufus
Date Deposited: 22 Jul 2020 03:43
Last Modified: 22 Jul 2020 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12807

Actions (login required)

View Item View Item
TOP