Penggunaan Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak di RA Babul Huda Aceh Jaya

Annisa Maqfirah, 140210036 (2019) Penggunaan Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak di RA Babul Huda Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak di RA Babul Huda Aceh    Jaya]
Preview
Text (Penggunaan Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak di RA Babul Huda Aceh Jaya)
Annisa Maqfirah, 140210036, FTK, PIAUD, 081263172187.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi dilapangan adalah ditemukan rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad, dikarenakan belum sesuainya media atau APE yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Tujuan penelitian ini ialah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan puzzle huruf untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di RA Babul Huda Aceh Jaya; (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan puzzle huruf di RA Babul Huda Aceh Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi perkembangan kognitif pada anak. Hasil aktivitas guru pada siklus I diperoleh dengan nilai rata-rata 3,77 dengan kriteria baik, dan hasil pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 4,68 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan perkembangan kognitif anak dengan menggunakan puzzle huruf pada siklus I mencapai 64,58% dengan kriteria berkembangan sesuai harapan (BSH), dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 86,98% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Jamaliah Hasballah, MA Pembimbing II : Zikra Hayati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Puzzle Huruf, Perkembangan Kognitif
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Annisa Maqfirah Annisa
Date Deposited: 22 Jul 2020 03:09
Last Modified: 22 Jul 2020 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12811

Actions (login required)

View Item
View Item