Sri Wahyuni, 150201181 (2020) Penerapan Gaya Belajar Kinestetik Dalam Menghafal Al-Qur’an Di TK Bait Qur’any Shaleh Rahmany Desa Merduati Kec. Kuta Raja Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Sri Wahyuni, 150201181, FTK, PAI, 082281348465.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Kinestetik merupakan belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh, kinestetik cenderung aktif bergerak dan tidak bisa diam saat melakukan sesuatu termasuk saat belajar. Memiliki kemampuan kerja sama yang bagus antara mata dan tangan. melalui apa yang mereka lihat dan mereka lakukan sendiri supaya lebih mudah memahami materi. Kinestetik bertujuan untuk membuat siswa agar hafala Al-Qur’an nya semakin meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan gaya belajar kinestetik dalam meningkatan hafalan Al-Qur’an di TK Bait Qurany shaleh rahmany, ada beberapa pertanyaan dalam skripsi ini, diantaranya: 1. Bagaimana penerapan gaya belajar kinestetik bisa meningkatkan hafalan al-Qur’an, 2. Bagaimana respon anak terhadap penerapan gaya belajar kinestetik, 3. Apasaja factor pendukung dan penghambat siswa dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an, dalam penulisan skripsi ini menggunakan Penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik observasi dan wawancara, adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan menghafal Al-Qur’an di TK Bait Qur’any Shaleh Rahmny tidak difokuskan berdiam diri, tetapi siswa di Bait Qur’any Shaleh Rahmany menghafal Al-Qur’an sambil bergerak sesuai dengan metode yang telah diajarkan, di Bait Qur’any Shaleh Rahmnay lebih bermain atau beraktivitas ketika menghafal. ketika menghafal hadist dilapangan siswa diajarkan sambil bermain. Siswa di TK Bait Qur’any Shaleh Rahmny sangat cepat mrespon apa yang diisyaratkan melalui gaya kinestetik. Menghafal Al-Qur’an, bagi siswa tidak ada paksaan ketika bermain, malah mereka sangat menyenangkan menghafal sambil beraktivitas. Hafalan siswa semakin meningkat dengan adanya Gaya belajar kinestetik, karena menghafal sambil bergerak. Bergerak disini bisa menguatkan hafalan siswa, bisa menambah semangat siswa dalam menghafal, bisa menguatkan daya ingat siswa dan sangat terpengaruh dalam perkembangan anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr.Hj. Nurjannah Ismail. M.Ag Pembimbing II : Sri Mawaddah, MA |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sri Wahyuni |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 04:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 04:12 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12837 |