Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Solving pada Materi Koloid di SMA Negeri 11 Banda Aceh

M. Ridzwan, 140208064 (2019) Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Solving pada Materi Koloid di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Solving pada Materi Koloid di SMA Negeri 11 Banda Aceh)
M. Ridzwan, 14060208064, FTK, PKM, 082276806094.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada LKPD di SMA Negeri 11 Banda Aceh adalah tampilan yang hanya berupa isi materi dan soal-soal tanpa adanya gambar-gambar penunjang daya tarik peserta didik, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan malas dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan LKPD berbasis model problem solving pada materi koloid, respon peserta didik dan respon guru terhadap LKPD berbasis model problem solving pada materi koloid yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam peneitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan prosedural menurut sugiyono. Data dikumpulkan melalui lembar validasi dan angket yang dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh dari tiga validator dengan persentase rata-rata yaitu sebesar 85,11%. Persentase yang diperoleh dari respon peserta didik uji coba kelompok kecil sebesar 91,07%. Sedangkan persentase uji coba kelompok besar yaitu 95,4%. Persentase juga diperoleh dari respon guru kimia yaitu sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persentase penilaian produk dari tiga validator terhadap LKPD berbasis model problem solving dapat digunakan dengan kriteria sangat valid. Dari hasil respon peserta didik menunjukkan persentase dengan kriteria sangat tertarik terhadap LKPD berbasis model problem solving, baik dikelompok kecil maupun kelompok besar. Respon guru menunjukkan hasil persentase dengan kriteria sangat tertarik terhadap LKPD berbasis model problem solving pada materi koloid untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hilmi, M.Ed Pembimbing II : Safrijal, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: M. Ridzwan Ridzwan
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:52
Last Modified: 23 Jul 2020 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12851

Actions (login required)

View Item View Item
TOP